top of page
Search
  • Writer's pictureIDBC

Peningkatan Kerjasama Daerah di Indonesia melalui Sister City



INDOPOS.CO.ID – Dewan Bisnis Diaspora Indonesia (IDBC) menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna memfasilitasi peningkatan kerja sama provinsi/kota bersaudara (sister city) antara pemerintah daerah Indonesia dan Australia. Acara ini dilakukan di ruang rapat Gedung F Kemendagri, Jakarta, Rabu (1/8).


Sister city merupakan konsep penggandengan dua daerah yang dilakukan oleh pemerintah daerah di Indonesia dengan pemerintah daeeah luar negeri, yang memiliki kesetaraan wilayah administrasi dan persamaan karakteristik dengan tujuan mempererat hubungan kedua daerah tersebut.


Direktur Regional IDBC Australia, Astrid Vasile menjelaskan, peningkatan kerja sama sister city ini menguntungkan kedua daerah. Selain mendekatkan penduduk dari dua daerah yang berbeda juga mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan dapat menciptakan pekerjaan.


“Program sister city ini bisa membantu mencari mitra bisnis yang ideal serta membuka peluang bisnis dan investasi bagi para pelaku usaha yang ingin menambah pasar baru,” ujar Direktur Regional IDBC Australia, Astrid Vasile di di ruang rapat Gedung F Kemendagri, Jakarta, Rabu (1/8).

Maka itu, menurut Astrid potensi bisnis antara kedua daerah juga dapat semakin terbuka. Sementara menurut Kepala Pusat Fasilitasi Kerja Sama Setjen Kemendagri, Nelson Simanjuntak mengatakan, fungsi nota kerja sama ini sebagai landasan untuk membantu dan merinci hubungan yang dapat bermanfaat bagi kedua daerah.


“Ini diawali dengan kota Fremanthel di Austalia dengan Kota Padang melakukan sister city, dalam hal ini Peratutan Pemerintah RI No. 28 Tahun 2018 tentang kerja sama Daerah, begitu Peratutan Pemerintah keluar payung hukum aman,” jelas Nelson Simanjuntak.

Nelson menambahkan, setiap daerah yang melakukan kerja sama dengan luar negeri pemerintah pusat harus mengetahui dan setiap kerja sama harus menguntungkan, maka peningkatan ekonomi daerah sudah pasti bertambah.


Hubungan antara Padang dan Fremantle mencakup hubungan di sektor pariwisata, perdagangan, pembangungan infrastuktur, serta peningkatan sumber daya manusia.


8 views0 comments
bottom of page