top of page
Search
  • Writer's pictureIDBC

Diaspora Indonesia Beri Pelatihan User Experience



Surabaya, beritasurabaya.net - Kepuasan pelanggan merupakan kunci sukses sebuah usaha. Walau terdengar sederhana hal ini kerap tidak tertanggani secara menyeluruh.

Untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang baik perusahaan harus menghadirkan produk atau layanan yang baik dari awal hingga akhir interaksi dengan pelanggan. User Experience Research dapat membantu perusahaan untuk merumuskan strategi perancangan produk, pemasaran dan penjualan yang tepat dan menyeluruh.


Guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kompetensi bisnis di Surabaya, Technology and Business Innovation Adviser, Indonesian Diaspora Business Council (IDBC)-Australia region,  Eunice Sari, menjadi pembicara utama dalam acara pelatihan User Experience Professional Learning di Surabaya Creative Hub, Kamis (6/9/2018).


Dalam pelatihan ini, Eunice Sari yang juga merupakan Co-founder UX Indonesia berbagi mengenai bagaimana melakukan penelitian yang efektif dan efisien terharap target pengguna. Hal tersebut mencakup latar belakang, pemilihan metode yang tepat untuk penelitian, pemikiran desain, dan proses pengolahan data menjadi insight bagi para pemangku kepentingan.


Eunice menjelaskan bahwa masih banyak pebisnis dan pengembang yang belum sadar akan pentingnya memastikan pengalaman pengguna yang baik. Produk atau layanan dengan kualitas teknik dan visual yang baik tanpa disertai dengan pengalaman pengguna yang mulus dan tanpa hambatan dapat menyebabkan kegagalan setelah peluncuran produk dan layanan digital.


Selain untuk para profesional, kata Eunice, pelatihan ini juga ditujukan untuk para pengajar dan mahasiswa. Saat ini ada kesenjangan yang cukup besar dari pembelajaran yang ada di universitas dengan kebutuhan pasar untuk menyediakan lulusan yang siap menangani tantangan dan fenomena perancangan dan pengembangan produk dan layanan.


”Melalui pelatihan ini dan industri best practice sharing saya berharap dapat membantu mengurangi kesenjangan tersebut, menghasilkan sumber daya manusia yang memahami betul pentingnya pengalaman pengguna, serta siap bersaing,” ujar Eunice.


Pelatihan User Experience Professional Learning di Surabaya kali ini dihadiri setidaknya 20 peserta yang terdiri dari para profesional, dosen dan mahasiswa dari Universitas Ciputra, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Petra. Para peserta pun tampak antusias dalam mengikuti pelatihan.


Melihat besarnya animo para peserta, Communications Manager, Indonesian Diaspora Business Council (Australia),Citra Setya, mengatakan semakin termotivasi untuk melakukan pelatihan serupa di masa depan.


1 view0 comments
bottom of page